14.46
0
Pengantar Psikologi dan Pendekatannya

Jendela Wawasan-Psikologi adalah studi kegiatan mental. seperti itulah para psikolog menjelaskan tentang psikologi secara garis besar. Disini saya mau share tentang Pengantar Psikologi dan Pendekatannya. pengantar ini kami ambil dari sebuah buku yang berjilid-jilid yang ditulis oleh : 


1.Rita L Atkinson

2.Richard C Atkinson
3.Ernest R Hilgard


Dengan Judul buku Pengantar Psikologi 1 Edisi ke 8. Diterbitkan oleh Erlangga 1997 yang diterjemahkan kedalam bahsa indonesia oleh:


1.Dra. Nur Djannah Taufiq

2.Dra. Rukmini Barhana


Seperti yang saya katakan di atas, bahwa para psikolog dalam garis besar menjelaskan bahwa yang dimaksud dengan psikologi adalah Studi kegiatan mental. Pada awalnya studi ini harus didasarkan pada fenomena yang dapat diukur secara obyektif. Psikologi juga bisa dikatakan sebagai studi mengenai perilaku manusia.



Dalam buku ini dijelaskan bahwa yang dimaksud dengan psikologi adalah Studi Ilmiah mengenai proses perilaku dan proses mental. Penjelasan ini merupakan kumpulan dari kesimpulan mengenai pendapat apa yang dimaksud kan oleh Para Psikolog mengenai psikologi.



Ada setidaknya 5 objek formal ( Pendekatan ) yang digunakan dalam mempelajari ilmu Psikologi itu. saya akan menjelaskan nya secara garis besar saja, karena kalau hal itu dijelaskan secara terperinci akan sangat panjang pembahasan nya.



1. Pendekatan Neurobiologi


Yang dimaksud kan dengan pendekatan Neurobiologi adalah suatu pendekatan terhadap studi mengenai manusia yang berusaha menghubungkan perilaku manusia dengan hal-hal yang terjadi dalam tubuh terutama dalama otak dan sistem syaraf.



2. Pendekatan Perilaku


Pendekatan perilaku adalah pendekatan yang mempelajari individu dengan cara mengamati perilakunya dan bukan mengamati kegiatan bagian tubuh.


Pendekatan behaviorisme adalah pendekatan yang berusaha meneliti manusia dengan perilaku yang terjadi. pendekatan ini juga bisa disebut sebagai Psikologi Stimulus Respon ( Psikologi S-R). Pendekatan ini terkenal karena B.F. Skinner dari Harvard yang menelitinya dan mengungkapkan penemuannya dengan Black Box Approach ( Pendekatan Kotak Hitam ). Psikologi S-R ini beranggapan bahwa psikologi secara ketat dapat mendasarkan diri pada hal-hal yang masuk pada kotak dan hasil yang keluar tanpa memikirkan kejadian di dalam.


3. Pendekatan Kognitif


kognisi adalah hal yang mengacu pada proses mentaldar persepsi ingatan dan pengolahan informasi yang memungkinkan seseoarang memperoleh pengetahuan , memecahkan persoalan dan merencanakan masa depan. Jadi psikologi kognitif adalah studi ilmiah mengenai kognisi.



Para psikologi kognitif menyatakan bahwa kita bukanlah penerima rangsangan yang pasif. Otak secara aktif mengolah informasi yang diterima dan mengubahnya dalam bentuk kategori baru. Jadi muncullah psikologi kognitif dari pemikiran seperti ini. Tujuan dari pendekatan ini adalah untuk mengadakan eksperimen dan mewujudkan teori yang menerangkan bagaimana proses mental disusun dan berfungsi.


4. Pendekatan Psikoanalitik



Pendekatan Psikoanalitik ini muncul bersamaan dengan munculnya aliran behaviorisme, yang dimotori oleh Sigmund Freud. Pendekatan yang dilontarkan Freud ini beranggapan bahwa sebagian perilaku kita berdasarkan pada proses yang tidak disadari ( Unsconscicous Processes ). Yang diimaksudkan dengan proses yang tidak disadari adalah ialah pemikiran, rasa takut, contoh lain yang lebih mudah seperti Mimpi, kekeliruan berbicara, cara kebiasaan dan penyakit jiwa. Setiap orang memiliki Naluri pembawaan ( Innate Instinc ), yaitu setiap orang lahir memilik impuls bawaan yang menimbulkan pengaruh mendalam pada sikap.



5. Pendekatan Fenomenologis



Pendekatan fenomenologis memusatkan pada pengalaman subjektif. Pendekatan ini berhubungan dengan pandangan pribadi mengenai dunia dan penafsiran mengenai berbagai kejadian yang dihadapinya-fenomenologi Pribadi. Letak penekanannya pada mental bukan perilaku dan pendekatan ini menolak Psikonalitik dan Behaviorisme.



Sedikit tulisan diatas adalah hasil bacaan saya mengenai Psikologi dan Pendekatannya yang saya sarikan sendiri. Materi ini adalah materi yang saya dapatkan dari Buku Pengantar Psikologi. Hal ini yang dapat saya sampaikan dan bila ada yang menemukan banyak kesalahan mohon koreksi nya atas tulisan ini. Terimakasih atas Kunjungannya ke Jendela Wawasan.

0 komentar:

Posting Komentar